Tentang TPA Al-Muhtadin

Pendahuluan

Dalam Al-Qur’an Surat At-Tahriim ayat 6, Allah Swt. berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka….” Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah Saw. telah bersabda, “Jika manusia telah meninggal dunia maka putuslah amalnya kecuali tiga hal, yakni shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendoakan kedua orang tuanya.”

Maka, mempunyai anak yang shalih dan shalihah adalah dambaan sekaligus tanggung jawab bagi setiap orang tua. Untuk mewujudkan hal ini, pendidikan menjadi salah satu media yang dipercaya bisa menempa perkembangan anak, baik kecerdasan otak maupun kecerdasan spiritual. Namun, sayangnya, pendidikan formal di sekolah tidak selalu bisa membuat anak menjadi cerdas sekaligus shalih dan shalihah.

Di sinilah sesungguhnya peran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), sebagai lembaga pendidikan nonformal sangat layak untuk dikelola dengan baik. Sebuah lembaga pendidikan yang mendukung pendidikan formal di sekolah, tidak sekadar mendidik anak (santri) bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, tetapi juga mengembangkan pendidikan agar anak (santri) dapat menjalani hidup secara islami.

Selayang Pandang TPA Al-Muhtadin

Proses pendidikan di TPA Al-Muhtadin secara resmi terbentuk pada 19 Juli 1998, dikukuhkan oleh PDHI Yogyakarta bersamaan dengan dikukuhkannya Takmir Masjid Al-Muhtadin. Namun, embrio dari pendidikan ini sudah dimulai jauh sebelumnya, yakni sebelum Masjid Al-Muhtadin dibangun. Bermula dari pengajian anak-anak, yang diawali pada bulan Oktober 1996, proses pendidikan ini dimulai. Kala itu, kelompok pengajian anak ini bernama TPA Blok Tengah. Dan, pada awal 1998, seiring dengan selesainya pembangunan Masjid Al-Muhtadin, TPA Blok Tengah pindah ke masjid dan berubah nama menjadi TPA Al-Muhtadin.

Visi dan Misi

Visi:
Mewujudkan generasi Muslim yang cerdas dan berakhlak mulia.

Misi:
1.    Mengembangkan Taman Pendidikan Al-Qur’an yang berkualitas.
2.    Mengembangkan kurikulum Taman Pendidikan Al-Qur’an yang menyenangkan, sesuai dengan perkembangan psikologis anak, dan berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah.
3.    Mengembangkan proses pendidikan yang berkerangka ibadah dan demi meraih ridha-Nya.

Prestasi Kejuaraan

Alhamdulillah, segudang prestasi kejuaraan pernah diraih oleh para santri TPA Al-Muhtadin, baik pada lomba antar TPA setingkat Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, maupun tingkat nasional pada acara FASI.

Pengurus dan Dewan Asatidz TPA Al-Muhtadin Periode 2014-2017

Pembina:
H. Abdul Basir Solissa, M.Ag. (Ketua Takmir Masjid Al-Muhtadin)

Kepala:
Akhmad Muhaimin Azzet, S.Ag.

Sekretaris:
Ika Siwi Tira Ardiani

Bendahara:
Asri Maharani

Dewan Asatidz:
Pak Akhmad Muhaimin Azzet, Mas Muhammad Taufiqurrahman, Mas Lukman Hakim, Kak Aam Sabarmen, Mbak Ika Siwi Tira Ardiani, Mbak Novianti, Mbak Woro, Bu Heri, Bu Tomo, Bu Tukiyo, dan Bu Bambang.

Proses Belajar-Mengajar

TPA Al-Muhtadin mendidik santri dalam belajar membaca Al-Qur’an dengan metode Iqro’. Dengan demikian, santri dibimbing untuk bisa dengan baik dalam membaca Buku Iqro’ dari jilid 1 s/d 6. Setelah tamat jilid 6, santri dibimbing dalam membaca Al-Qur’an dari juz 1 s/d khatam juz 30. Selanjutnya, bagi santri yang telah berhasil mengkhatamkan Al-Qur’an sampai 30 juz, TPA Al-Muhtadin akan mengadakan khataman Al-Qur’an secara bersama.

Di samping membimbing santri dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, TPA Al-Muhtadin juga membimbing dalam tata cara shalat (bacaan maupun gerakannya), hafalan surat-surat pendek dan doa-doa keseharian, kisah para nabi, sahabat, maupun cerita islami yang membangkitkan keimanan, juga permainan yang menyenangkan.

TPA Al-Muhtadin mengadakan proses belajar-mengajar secara rutin pada setiap hari Selasa, Rabu, dan Jum’at, pukul 16.00 s/d 17.30 WIB di Masjid Al-Muhtadin. Dengan demikian, semoga para santri (demikian juga ustadz/ustadzahnya) menjadi shalih dan shalihah; berbakti kepada kedua orang tua, bermanfaat bagi sesama, dan senantiasa mencintai Allah dan Rasul-Nya. Amin ya Allah, ya Rabbal ‘alamin.

19 Balasan ke Tentang TPA Al-Muhtadin

  1. bchree berkata:

    semoga selalu diberi kumudahan dalam mensyiarkan dien ini

  2. Assalaamu’alaikum wr. wb.

    Alhamdulillah, diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk hadir diri ke ruang mengenali TPAMuhtadin ini. Senang dapat mengetahui aktiviti dan pengurusan pihak TPAMuhtadin.

    Salam perkenalan kepada pengurus dan para pengajar yang dihormati. Semoga kebaikan selalu mengiring jejak langkah kalian dalam menebarkan ilmu dan menyebarkan hikmah kepada para santri juga khalayak yang berkunjung ke blog penuh barakah ini.

    Semoga jalinan ini akan kekal berpanjangan di masa depan antara dua negara yang saling bersaudara dan seagama. Amiin.

    Salam mesra selalu dari saya di Sarikei, Sarawak, Malaysia.

    • tpamuhtadin berkata:

      Wa’alaikumusalam warahmatullahi wabaraktuh,

      Alhamdulillah, kami pun diberi kesempatan oleh Allah untuk menyambut Bunda. Sungguh, kami juga senang berkenalan dengan Bunda Siti Fatimah Ahmad dari Serawak, Malaysia. Salam kenal dari kami. Semoga jalinan tali silaturahim ini menjadikan kita bisa saling mengingatkan dalam kebaikan dan kebenaran. Dengan demikian, semoga kehidupan kita senantiasa dalam rahmat dari Allah Swt. Allahumma amin….

      Salam hangat penuh persaudaraan dari Yogyakarta, Indonesia.

  3. Ahmad Rifki berkata:

    semoga tumbuh subur semua TPA dan lembaga apa saja yang mengibarkan agam Allah….

  4. craft4kidz berkata:

    salam kenal, semoga sukses dalam mengelola TPA dan santri-santrinya menjadi anak yang sholeh dan sholehah.

  5. afni berkata:

    Assalammualaikum,
    Terima kasih banyak ya pak, semoga kami bisa mencontoh TPA bapak dan terima kasih atas sumbang saran nya.
    Wassalam.
    Afnizar Hasan

    • TPA Al-Muhtadin berkata:

      Wa’alaikumusalam wr.wb.
      Sami-sami, Bu Afni, kami juga berterama kasih atas silaturahim ini.
      Semoga kita diberi kemudahan dalam pendidikan anak-anak Muslim ini.
      Allaahumma aamiin…

  6. Pranowo berkata:

    semarak ramadhan…dengan senam anak sholeh & senam sholat, fun game motivasi, ice breaking ramadhan, outbound iqro’, tepuk ramadhan…..kami dan team siap bantu….(0274 ) 6932552….087738458759

  7. zubir berkata:

    Assalamualaikum ya Ustad/ustazah semoga kita dlam lindungan Allah SWT o..ya Ustad/zah kami tertarik dengan TPA yang ustad pimpin kami kepingin sekali seperti TPA ustad tapi kami kekurangan dana dan kami tidak memungut infak sama santri krn orang tua santri banyak yang kurang mampu jadi salah satu cara untuk mendapatkan dana dari pihak pemerintah sedang pemerintah memintak proposal kami belum bisa membuatnya kami minta tolong sama ustad/zah untuk memberikan contoh proposal supaya kami bisa memperoleh dana dan bisa mengembang TPA kami. syukran ya ustad. o..ya kalau mau kirim contoh proposal tolong kirim ke email. zubirmila@gmail.com moga amal baik ustad diterima oleh Allah dan Allah Membalas setimpal amin…

    • TPA Al-Muhtadin berkata:

      Wa’alaikumusalam wr.wb.
      Alhamdulillah…, terima kasih banyak atas silaturahimnya dan salam semangat dalam mengembangkan TPA. Mengenai proposal permohonan dana dari pemerintah, sungguh kami mohon maaf karena selama ini kami juga belum pernah membuat proposal untuk meminta dana dari pemerintah. Infaq bulanan santri di tempat kami per santri dipersilakan memilih, ada yang Rp.5000,- (lima ribu rupiah), Rp.8000,- (delapan ribu rupiah), dan Rp.10.000,- (sepuluh ribu rupiah), serta gratis bagi santri yang tidak mampu. Selainnya, biasanya kami menggali dana dari menjual kalender, buku-buku islami, dan bantuan dari saudara/i yang tidak mengikat. Demikian penjelasan dari kami dan semoga bermanfaat.

  8. Ujang Sundana berkata:

    Semoga TPA ini terus maju dan sukses membentuk generasi penerus yang berakhlak mulia, berguna bagi agama, nusa dan bangsa.
    Salam dari saya di Bekasi.

  9. Devi berkata:

    Assalamualaikum, wr. wb.

    Nama saya Devi, saya sedang mencari TPA/TPQ u putri saya (Hanun-Hana-Hani). Alamat saya di perum.Alam Candi.
    Lokasi purwomartani baru sebelah manakah?
    Mohon infonya

    Terima Kasih

    • TPA Al-Muhtadin berkata:

      Wa’alaikumusalam wr.wb.

      Ibu Devi yang baik, alamat TPA Al-Muhtadin di Masjid Perum Purwomartani Baru.
      Letak perumahan ini berada di selatan Perum Pertamina. Atau di timur agak utara sedikit dari Pasar Desa Purwomartani. Langsung saja menuju Masjid Al-Muhtadin. Insya Allah mudah dicari kok. Matur nuwun…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s