Mengaji dengan Senang Hati

Santri TPA Al-Muhtadin bersama Bu Tomo, Bu Heri, dan Pak Muhaimin

Ya, mengaji dengan senang hati, itulah hal yang sangat diupayakan di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Al-Muhtadin. Bila di sekolah (formal) anak didik sudah mendapatkan beban pelajaran, terutama dengan pengembangan kecerdasan intelektualnya, maka kala mengaji di masjid santri jangan lagi dibebani hal serupa.

Kami berupaya bagaimana semua santri merasa nyaman dan senang mengaji. Meski demikian, bukan berarti kami membiarkan, misalnya, santri berlarian kesana-kemari atau bahkan naik pagar ketika temannya sedang mengaji. Tentu, kami tetap mengupayakan agar mengaji bisa berjalan dengan baik.

Caranya bagaimana? Salah satunya membuat beberapa kesepakatan dengan santri (dalam sekolah formal sering disebut tata tertib) agar proses belajar mengaji dapat berjalan dengan baik. Ya, kami tidak melakukannya secara sepihak, tapi bersama-sama dengan santri. Termasuk mendengar usulan dari para santri tentang apa konsekuensinya bila melanggar kesepakatan bersama. Dengan cara ini, mereka merasa terlibat dan berusaha menjaga kesepakatan, bahkan di antara mereka sering saling mengingatkan. Ujungnya, harapan kami, para santri pun mengaji dengan senang hati.

Iklan
Categories: Kegiatan | Tag: , , , , | 5 Komentar

Navigasi pos

5 thoughts on “Mengaji dengan Senang Hati

  1. namanya saja Taman Pendidikan Anak-anak.jadi, pasti yang namanya taman akan menimbulkan rasa nyaman,aman dan tentram 🙂

  2. Membaca tentang kesepakatan dgn santri agar proses mengaji berjalan dgn baik, benar-benar ini menunjukkan konsep sebuah taman.
    Bukankah dalam taman selalu diisi dengan riang gembira dan bahagia?
    Semoga TPA ini tetap menjadi suatu taman yg indah…

    • Demikian Kang Ujang Sundana yang coba kami terapkan di TPA Al-Muhtadin. Mohon doanya agar dapat berjalan sesuai dengan harapan. Hatur nuhun telah singgah kemari nggih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: