Belajar Shalat Semenjak Kecil

Shalat mempunyai kedudukan yang sangat tinggi di dalam Islam. Setelah mengakui diri sebagai seorang Muslim dengan mengucapkan dua kalimat syahadat, kewajiban pertama dan utama yang harus dilaksanakan adalah shalat lima waktu. Tanpa melakukan shalat lima waktu, berarti seseorang telah meruntuhkan keagamaannya sendiri. Sebab, shalat adalah tiang agama.

Rasulullah Saw. telah bersabda:

اَلصَّلاَةُ عِمَادُ الدِّيْنِ فَمَنْ أَقَامَهَا فَقَدْ أَقَامَ الدِّيْنِ وَ مَنْ تَرَكَهَا فَفَدْ هَدَمَ الدِّيْنِ

“Shalat adalah tiang agama. Barangsiapa yang mengerjakannya berarti ia menegakkan agama, dan barangsiapa yang meninggalkannya berarti ia meruntuhkan agamanya.” (HR Baihaqi)

Santri dan ustadznya belajar shalat bersama (foto am.azzet)

Santri TPA Al-Muhtadin belajar shalat semenjak kecil (foto am.azzet)

Betapa pentingnya shalat itu. Maka, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Al-Muhtadin mengajak belajar shalat kepada para santrinya semenjak kecil. Belajar shalat semenjak kecil ini penting sekali agar ketika santri sudah memasuki usia aqil baligh, santri sudah terbiasa dan memahami arti pentingnya shalat bagi seorang hamba di hadapan Allah Swt.

 

اَلصَّلاَةُ عِمَادُ الدِّيْنِ فَمَنْ أَقَامَهَا فَقَدْ أَقَامَ الدِّيْنِ وَ مَنْ تَرَكَهَا فَفَدْ هَدَمَ الدِّيْنِ (رواه البيهقي)

Tentang TPA Al-Muhtadin

Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Muhtadin, Perum Purwomartani Baru, Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Kegiatan dan tag , , , , , . Tandai permalink.

12 Balasan ke Belajar Shalat Semenjak Kecil

  1. Mila berkata:

    Assalamualaiakum..

    saya berkunjung lagi🙂

    SUBHANALLAH… membiasakan sesuatu yang baik sejak dini, akan sangat bermanfaat di hari dewasa kelah

    lanjutkannnn!!!

    • tpamuhtadin berkata:

      Wa’alaikumusalam wr. wb.

      Silakan, Mbak, berkunjung lagi, sungguh kami senang menerima kunjungan silaturahmi ini.

      Iya, benar sekali, Mbak, membiasakan sesuatu yang baik, apalagi itu merupakan kewajiban hamba kepada Allah Swt., tentu sangat bermanfaat ketika sudah besar. Semoga upaya senantiasa mendapatkan pertolongan dan rahmat dari Allah Swt.

  2. zakiah hanim berkata:

    adem rasa hati melihat dan membaca postingan ini.. semoga anak2 kita selalu diberi rahmat untuk selalu menegakkan sholat..amin..

    salam🙂

    • tpamuhtadin berkata:

      Benar sekali, Mbak Zakiah Hanim, kita memang merasa bahagia bila melihat anak-anak kecil bersemangat belajar untuk menjadi hamba-Nya yang baik; sungguh sering kali kita justru belajar dari mereka. Makasih banyak ya, Mbak, telah singgah kemari.

  3. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Amazzet…

    Pendidikan awal yang membuka pengetahuan anak2 kepada mengenali Tuhan, Nabi dan ajaran Islam. Mendidik hendaklah dari rebung (kecil) agar apabila sudah besar mudah untuk dilenturkan. Jika sudah jadi buluh (besar), sangat payah untuk dibentuk kerana banyak pengaruh yang sudah melingkari kehidupan mereka.

    Salut buat semua guru yang berusaha menghadirkan kebijakan kepada anak didiknya. Semoga mereka menjadi insan soleh dan solehah. Amiin.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.

    • tpamuhtadin berkata:

      Wa’alaikumusalam wr.wb.

      Kami senang menerima kunjungan Bunda Siti Fatimah Ahmad dari Sarikei, Sarawak. Semoga kunjungan ini menjadikan kita semua senantiasa mendapatkan rahmat dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

      Kami sepekat dengan apa yang Bunda tambahkan. Pendidikan awal memang membuka pengetahuan anak-anak untuk mengenal Tuhan, Nabi, dan ajaran Islam. Pada saat kecil akan lebih mudah membangun kebiasaan dalam beribadah dan melakaukan segala kebaikan yang telah diajarkan oleh agama Islam. Semoga upaya kita mendapatkan ridha-Nya.

      Terima kasih banyak, Bunda, atas doanya. Semoga kita semakin bersemangat dan anak-anak kita pun menjadi shalih dan shalihah. Allahumma amin….

      Salam ukhuwah dari Jogjakarta.

  4. Sya berkata:

    Semua harus dibiasakan sejak dini, Insya Allah karena sudah terbiasa, kalau sudah besar mereka tidak akan lupa untuk sholat.

    • tpamuhtadin berkata:

      Benar sekali, Mbak Sya, semua memang harus dibiasakan sejak dini. Dengan demikian, kebiasaan baik ini menjadi tidak berat, apalagi lupa, ketika mereka dewasa. Makasih banyak ya, Mbak. Semoga silaturahmi ini menjadikan kita senantiasa mendapatkan rahmat-Nya.

  5. kamal berkata:

    Asslamu’alaikum Mengingat waktu masa-masa kecil ni…Pelajaran Agama harus diterapkan sejak kecil. Agar dewasanya tinggal mengamalkannya

    • tpamuhtadin berkata:

      Wa’alaikumusalam wr.wb.
      Benar sekali, Mas Kamal, pelajaran agama memang harus diterapkan sejak kecil agar dewasanya tinggal mengamalkannya. Makasih ya, Mas Kamal, atas kunjungannya kemari.

  6. dika berkata:

    assalamualaikum,
    saya seorang desainer cover di sebuah penerbit buku di kota Bogor.
    Kepada TPA Al-Muhtadin, saya memohon izin untuk mengunduh foto pada halaman ini, yang kemudian akan saya muat di cover buku yang akan kami buat.
    Besar harapan kami, TPA Al-Muhtadin mengizinkan foto-foto tersebut dimuat secara gratis.
    terima kasih
    wassalam.
    dika.mdp

    • tpamuhtadin berkata:

      wa’alaikumusalam wr.wb.
      Silakan diunduh, Mas Dika, semoga bermanfaat untuk umat. Tapi, sudilah Mas Dika mengirimkan kepada kami buku yang covernya dibuat dari TPA Al-Muhtadin ke alamat kami sebagai kebanggaan sekaligus dokumen. Makasih….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s