Memantau Merapi dari “Gardu Pandang” Masjid Al-Muhtadin

Aktivitas Gunung Merapi yang meletus sejak tanggal 26 Oktober 2010—yang hingga tulisan ini dibuat masih dalam status AWAS—dapat dipantau dari tangga lantai dua Masjid Al-Muhtadin, Perum Purwomartani Baru, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Tangga lantai dua ini sering disebut oleh beberapa jamaah sebagai “gardu pandang”.

Berdasarkan perhitungan menggunakan GPS, lokasi Perum Purwomartani Baru berada dalam radius 24 km dari puncak Merapi. Jadi, masih merupakan wilayah aman dari zona bahaya 20 km yang saat ini diputuskan. Oleh karena itu, dimohon kepada para jamaah masjid dan warga perumahan untuk tidak panik. Meskipun demikian, diminta tetap waspada.

Dalam rangka untuk memantau aktivitas Gunung Merapi, tangga lantai dua Masjid Al-Muhtadin tersebut memang cukup efektif, terutama bila cuaca cerah. Di samping itu, salah satu jamaah yang bernama Mas Sariyanto, yang tinggal di RT 11, juga menghidupkan secara terus-menerus radionya. Radio yang resmi tergabung di ORARI ini memang sangat bermanfaat demi mengetahui aktivitas Gunung Merapi.

Oleh karena itu, sekali lagi disampaikan kepada warga Perum Purwomartani Baru, untuk tidak panik, apalagi mempercayai isu-isu yang belum tentu sumbernya. Apabila memang benar terjadi bahaya, diusahakan kepada warga akan mendapatkan pengumuman langsung dari pengeras suara Masjid Al-Muhtadin atau bunyi tiang listrik yang dipukul secara bertalu-talu (titir). Di samping itu, sudah tentu sebelumnya juga (semestinya) akan mendapatkan himbauan resmi untuk evakuasi dari pemerintah.

Semoga letusan Gunung Merapi segera mereda. Semoga negeri ini dijauhkan dari bermacam bencana. Sungguh, kita perlu banyak berdoa dan mendekatkan diri kepada-Nya.

Dari tangga lantai dua yang sering disebut sebagai "gardu pandang" inilah aktivitas Merapi bila cuaca cerah dapat dipantau dengan jelas (foto: am.azzet)

 

Antene radio amatir di atas rumah Mas Sariyanto yang selalu on memantau aktivitas Merapi (foto: am.azzet)

 

Gunung Merapi tampak nan jauh di sana; foto tanpa zoom (foto: am.azzet)

 

Merapi tampak jelas seperti ini karena cuaca cerah, foto detik-detik sebelum mengeluarkan wedus gembel ini diambil dengan zoom, jadi sepertinya berjarak dekat (foto: am.azzet)

 

Merapi sedang mengeluarkan isinya tampak jelas dari "gardu pandang" Masjid Al-Muhtadin (foto: am.azzet)

 

Tentang TPA Al-Muhtadin

Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Muhtadin, Perum Purwomartani Baru, Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Kegiatan dan tag , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Memantau Merapi dari “Gardu Pandang” Masjid Al-Muhtadin

  1. Terima kasih, Ustadz. Saling berbagi info bermanfaat sangatlah membantu utk saat2 ruwet macam sekarang..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s