Memperingati Kemerdekaan di Bulan Ramadhan

Hore... Merdeka... Merdeka....

Peringatan kemerdekaan pada tahun ini terasa lebih istimewa karena berbarengan dengan bulan Ramadhan. Apabila di luar bulan Ramadhan, beberapa acara untuk memperingati kemerdekaan, misalnya berbagai macam perlombaan, biasanya diadakan dua minggu atau seminggu sebelum tanggal 17 Agustus, namun di banyak tempat pada tahun ini berbagai macam perlombaan diadakan pada minggu pertama bulan Agustus sebelum tanggal 1 Ramadhan. Hal ini dilakukan agar ketika memasuki bulan Ramadhan berbagai macam lomba yang barangkali menguras tenaga atau lomba yang terkait erat dengan makanan—misalnya lomba makan krupuk—lomba sudah selesai dilaksanakan.

Namun, ada juga yang sama sekali tidak mengadakan berbagai macam perlombaan. Hal ini barangkali dengan pertimbangan waktunya yang cukup pendek karena sudah memasuki bulan Ramadhan. Meskipun demikian, bukan berarti tanpa mengadakan peringatan kemerdekaan. Gang-gang di kampung tetap dihias dengan aneka umbul-umbul, setiap rumah mengibarkan bendera merah putih, bahkan ada yang memasang lampu hias agar suasana malam lebih meriah.

Bismillah dulu ya... satu...dua...tiga...

Bagi umat Islam, peringatan kemerdekaan di bulan Ramadhan tahun ini juga terasa lebih istimewa. Di samping bulan Ramadhan yang memang penuh kemuliaan dari Allah Swt., hal ini juga mengenang kembali bahwa pada saat proklamasi dikumandangkan oleh Bung Karno dan Bung Hatta pada 17 Agustus 1945 bertepatan dengan tanggal 9 Ramadhan 1364 H; saat peristiwa penting itu pun bertepatan dengan hari Jum’at. Bagi umat Islam, bulan Ramadhan adalah bulan yang paling istimewa dari bulan yang lainnya dalam setahun; demikian pula dengan hari Jum’at adalah hari yang paling istimewa dari hari yang lainnya dalam seminggu. Dengan demikian, kemerdekaan Indonesia adalah kado atau anugerah yang sangat istimewa dari Allah Swt. bagi umat Islam dan bangsa Indonesia pada umumnya. Oleh karena itu, umat Islam dalam memperingati kemerdekaan di tahun ini yang bertepatan pula dengan bulan Ramadhan dilakukan dengan cara lebih bersyukur atas segala anugerah yang telah diberikan oleh Allah Swt.

Demikian pula dengan para santri Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Al-Muhtadin, sebelum acara berbuka puasa bersama di masjid tercinta, perlu mengadakan peringatan kemerdekaan negeri ini. Di antara acara dalam rangka memperingati kemerdekaan tersebut adalah mengadakan lomba kibas balon, memasukkan benang ke dalam jarum, dan memasukkan paku ke dalam botol. Kegiatan ini diadakan pada hari Ahad, 15 Agustus 2010. Meskipun di bulan Ramadhan, para santri tetap bersemangat dalam mengikuti lomba. Setelah menemukan beberapa pemenang maka acara lomba ditutup untuk kemudian berangkat ke masjid dalam rangka berbuka puasa bersama.

Seusai nonton film motivasi, Kak Widodo memberikan penjelasan tentang "man jadda wa jadda"

Bertepatan dengan tanggal 17 Agustus 2010, kegiatan pengajian menjelang berbuka puasa bersama santri TPA Al-Muhtadin sengaja mengambil tema “man jadda wa jadda”. Tema ini sengaja dipilih untuk memperingati kemerdekaan Indonesia. Dalam pengajian ini santri diajak menonton perjuangan seorang anak yang berjuang dalam mencapai cita-citanya. Dia bersungguh-sungguh sehingga memperoleh keberhasilan. Acara dipandu oleh Kak Muhaimin dan materi disampaikan oleh Kak Widodo. Beberapa santri yang memenangkan perlombaan pada dua hari sebelumnya juga menerima hadiah dari pengelola TPA di sore itu. Setelah itu, santri mengadakan berbuka puasa bersama.

Dirgahayu negeriku Indonesia. Semoga tidak melupakan untuk bersyukur atas segala anugerah dari Allah Swt. Semoga para pemimpinnya bisa amanah dan menjauhi tindak korupsi. Semoga bangsa ini semakin makmur dan sentosa. Merdeka!

Tentang TPA Al-Muhtadin

Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Al-Muhtadin, Perum Purwomartani Baru, Yogyakarta.
Pos ini dipublikasikan di Kegiatan dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Memperingati Kemerdekaan di Bulan Ramadhan

  1. waw kereeennn ada akuuuuuu😀

    • tpamuhtadin berkata:

      Hehe… keren ada Mbak Megan ya… Makasih banyak ya atas berbaginya selama ini, dan tetep terus membantu TPA ya… Semoga Allah membalas dengan yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s